Tampilkan postingan dengan label band. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label band. Tampilkan semua postingan

Kenalan Sama Musik Nightcore

nightcore
Platform musik streaming sekarang banyak pilihannya. Mau yang gratis atau yang bayar.. tersedia sesuai konten yang ditawarin. Kalo konten indie (baca : independen), bisa gratis.. Kalo konten yang premium/komersil, gak bisa gratis alias kudu nginfaq. 
Beberapa platform streaming musik yang usernya banyak diantaranya adalah Spotify, iTunes, Deezer, Soundcloud dan banyak lagi yang lainnya.. 
Tapi, kalo kalian sukanya sama musik atau track indie yang gak komersil/gak niat dijual - maksudnya track yang dibikin sama producer tapi gak niat didistribusiin secara masif di bawah bendera label tertentu.. pasti Soundcloud jadi opsi pertama, ya kan? 

Nah, karena Soundcloud ini adalah platform yang pake sistem user-generated content, jadi isinya pun rupa-rupa. Terserah si kreator mau ngupload apaan..! 
Musik beneran yang serius, musik cover, remix, musik experiement, sampe musik angin dikerokin juga ada..! 

Nightcore.. Dari User Oleh User Untuk User 

Salah satu kreasi musik dari user - selain cover dan remix, yang sering kita temuin di Soundcloud, adalah nightcore
Apa itu nightcore? 
Hampir sama kayak remix, yang prinsipnya adalah modifikasi musik atau lagu asli punya orang lain, nightcore juga ngolah lagu orijinal dibikin sampe jadi musik yang beda.. 
Cara ngebedain versi nightcore dari aslinya itu kalo nightcore temponya lebih cepet sekitar 10% sampe 30%, terus pitchnya juga naek. 
Itu doang bedanya.. Gak pake tambahan atau modifikasi instrumen maupun aransemen kayak remix, cover atau bootleg. 
Nightcore : tempo jadi cepet + pitch jadi naek. Nih contohnya : 

Itu adalah versi nightcorenya lagu God Is A Girl punya Groove Coverage 

Prinsip Nightcore 

Sebenernya, istilah nightcore itu sendiri udah agak disalah kaprahkan. Dulu, di awal kemunculannya, nightcore itu sebenernya lagu cover yang dicepetin dengan pitch yang lebih tinggi.. tapi ke sininya, nightcore itu bukan cover, tapi lagu originalnya yang langsung diedit jadi cepet dan dinaekin pitchnya..! 
Dan lebih keliru lagi, istilah nightcore-nya sendiri sering diidentikin sama manga. Sering kan kalian nemu lagu nightcore, thumbnailnya gambar anime? 
Gak ngerti kenapa bisa gitu.. 

Istilah nightcore itu sendiri konon mulai dipake di tahun 2001, dimana ada dua orang DJ, yakni Thomas S. Nilsen Fiction (DJ TNT) dan Steffen Ojala Søderholm (DJ SOS), yang lagi ngerjain proyek sekolahnya.. 
Mereka ngeremix dua lagu hardcore kepunyaan band asal Jerman, Scooter, yang judulnya "Nessaja" sama "Ramp! (The Logical Song)". 
Duo DJ itu bereksperimen dengan mendorong pitch vocalnya jadi naek plus cepetin BPM-nya sekitar 25% - 30% biar temponya jadi 160 - 180 bpm.. (tempo segitu udah nyamain musik Funkot!) 
Nah, karena dianggap gaya mixingnya itu asik, kesininya mereka jadi keterusan.. dan banyak yang ngikutin pula!! 
Karena awalnya dari musik hardcore, jadi namanya nightcore.. Karena kata mereka, musiknya bisa buat rave semalaman. 
Jadilah sekarang banyak : Nightcore..!
Teruskan!

Band 90'an

band tahun 90an
Kalian yang lahir tahun 90'an, pasti tahu dong ya sama band-band yang ngehits pada dekade paling menyenangkan itu??
Di tahun segitu, TV masih jadi favorit, belum ada yang namanya youtube - apalagi redtube, ngentube, dan tube tube yang lain. Googlenya juga belom lahir malah!

Dengan belum maraknya konten layar sentuh, hiburan kita jadinya cuman layar kaca alias TV. Kita banyak mantengin TV, terus ngeliat band-band keren pada maen dengan gaya yang cool (pada masanya).
Sebagian band tahun 90'an yang dulu kita liat itu emang udah bubar. Tapi sebagian lainnya ada yang masih awet sampe sekarang, bahkan masih berkarya.

Yang masih eksis, mungkin bingung.. Kalo berenti maen musik mau jadi apaan??

Ngomongin Dua Band 90'an

Nah.. dua band yang bakal kita omongin di sini, satunya itu udah bubar - sekarang tinggal nama plus sisa kejayaan, sementara satunya, masih awet.

Dua band ini bersaing dengan sangat ketat. Persaingan mereka kayak Jokowi sama Prabowo waktu pas pilpres kemaren. Saking sengitnya, gak cuman melibatkan merekanya aja, tapi juga para pendukungnya masing-masing.
Bahkan persaingan mereka udah bukan persaingan yang sehat lagi, melainkan persaingan kotor dan buluk, kayak saingan lapak parkiran.

Kira-kira apa ya yang bikin dua band bule itu bersaing?
Mereka sama-sama punya logat British yang medok, tapi mereka saling sikut. Mereka adalah.. Oasis dan Blur?
Dua band tersebut di era pemerintahan Soeharto feat. Soedarmono/Try Soetrisno/B.J. Habibie, bersaing sangat ketat kayak legging mbak-mbak di CFD. Oasis dengan gayanya yang sok The Beatles banget, ngelawan Blur yang santuy tapi nyebelin.
Blur keliatan lebih kalem karena Oasis lebih agresif, terutama dua pentolannya yang - jangankan sama orang lain, sama sodara se-band aja berantem!

Song 2

Salah satu lagu paling terkenal dari Blur adalah Song 2. Lagu aneh dengan struktur yang gak biasa, karena reffnya duluan abis intro, terus verses 4 bar, terus reff lagi..
Lagunya gak kayak lagu kebanyakan. Malah cenderung kayak lagu depresi.
Dengan tone dan atmosfer kayak gitu, sebenernya lagu itu bukan britpop - padahal kan Blur katanya perwakilan musik britania sama Oasis itu tadi.

Lagu Song 2 yang bikin nama Blur terkenal, lebih mirip lagu grunge alias alirannya Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden dkk.

Kabarnya, lagu ini dibuat konon untuk tujuan ngetroll lagu-lagu grunge yang juga lagi ngehits pada saat tersebut. Tapi, tanpa sengaja, lagu ini malah jadi hits buat Blur-nya.

Banyak yang tau Blur cuman sama lagu ini.. Padahal, kalo yang emang ngikutin, banyak sebenernya lagu Blur yang gak kalah oke daripada Song 2.

Nah gaes.. Kalian team yang mana? Oasis apa Blur?



Teruskan!