Index » Semua post dengan label culture
Tampilkan postingan dengan label culture. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label culture. Tampilkan semua postingan
Alat Musik Bambu Bikinan PSN Bamboo - Bogor
Alat musik adalah perabot pokok bagi para musisi, buat bekerja menghasilkan nada.. Dari sana mereka bisa hidup, bahkan sampai ada yang bergelimang harta!
Gitar, biola, bass, drum, sampai dengan angklung, merupakan alat musik yang udah gak asing lagi, bukan cuma buat para musisi, tapi juga buat kita sebagai pendengar doang.
Tapi, kalo ditanya :
"Alat musik gitar terbuat dari apa?"
Lebih dari 95 persen akan jawab :
"Dari kayu?"
Ya, kebanyakan gitar di dunia ini emang dibuat dari kayu, sai..! Cuma gitar maenan dedek bayi aja yang dibuat dari plastik.
Tapi, kalo maen ke Bogor, tepatnya di daerah Cilendek, ada tempat yang udah terkenal banget suka bikin gitar atau alat musik lain dari bahan bambu.
Wait! Bambu?
Yup! Gitar dari bambu..! Bukan gitar maenan loh ya.. Tapi gitar beneran yang punya standar kualitas nada gak jauh beda, atau bahkan sama, atau mungkin bisa melebihi gitar-gitar bermerek macam Fender, Gibson, Ibanez atau Yamaha.
Harganya pun gak maen-maen! Kalo kalian bukan kolektor atau pemusik mapan, jangan maksain buat punya gitar bambu ini
Ekslusifitas adalah selling point dari alat musik buatan workshop bernama PSN Bamboo.
Gimana nggak? Dalam setahun, Kang Faisal (Ical) dan Kang Octo - dua dari sekian anggota komunitas PSN Bamboo yang bertugas di workshop mereka, cuma sanggup ngerjain sebanyak 12 gitar aja!! Bayangin, setaun cuma dua belas..! Artinya dalam sebulan itu cuma satu gitar yang bisa mereka bikin!
"Karena semua dibuat dengan tangan, dimana seluruh elemen harus presisi, jadi setaun itu paling kita bisa bikin 12 gitar. Soalnya, satu gitar itu harus dibuat cuma sama satu orang aja, gak boleh pindah tangan." kata Kang Ical, yang mukanya sekilas mirip Piyu Padi dengan rambut lebih gondrong.
Karena ekslusifitas yang dipunya sama produk alat musik (khususnya gitar) bambu bikinan PSN Bamboo Bogor ini, musisi major macam Donny Suhendra, yang notabene adalah master gitar di Indonesia, merekomendasikan produk tersebut. Kang Donny yang biasa maenin genre jazz, fusion dan blues ini juga punya gitar signature-nya sendiri di PSN Bamboo. Keren kan?!
Kang Edo, salah satu awak Saila ID yang nyobain gitar bambu bikinan Kang Ical, ngaku kalo maenin gitar ini beda secara feel sama maenin gitar biasa.
"Suaranya lebih bulet, empuk.. pokoknya feelnya beda lah!", kata Kang Edo, yang sehari-harinya punya usaha showroom mobil di Tangerang.
Nah, di luar kualitas bunyi serta batangannya yang bikin gitar produk PSN ini jadi spesial, ternyata juga ada lagi hal lainnya loh..! Apa lagi ya kira-kira?
Tonton aja nih videonya :
Jangan lupa subscribe channel Saila ID, karena channel ini bakal ngasih kalian informasi menarik tentang lokasi unik yang ada di dekat kita..!
Kopi Dalgona? Beneran Kopi Tuh?
Gaes.. apa kabar? Lama gak ketemu ya kita..
Bukan karena tenggelam lantaran dunia tengah disunyikan oleh virus korona yang bikin masyarakat jadi harus ngedekem di rumah lohh, tapi karena emang belakangan ini gue lagi ada project lain yang gak kalah nguras..!
Nguras apa?
Nguras pikiran dan tenaga pastinya, karena kalo nguras bak mandi sih itu kerjaan lau sama temen-temen lau. Gue kagak!
Nah, balik lagi nih.. kali ini gue mau ngebahas sesuatu yang emang lagi rame di ranah twitter. Gue agak sedikit telat sebenernya, karena tren ini udah dari beberapa minggu yang lalu mulai mencuatnya.
Fenomena apa yang mau gue bahas?
Adalah fenomena kopi, yang mana ada satu ramuan kopi (katanya) yang lagi viral, yang disebut sama Kopi Dalgona.
Gue gak tau, kenapa bisa sampe viral..?! Padahal kalo diliat, apa yang spesial dari ramuan kopi ini? Cuma karena hasil racikan sendiri, yang dibuat pas lagi bete di rumah?
Mungkin iya..!
Yang pasti, ramuan ini konon asalnya dari Korea Selatan. Nama Dalgona sendiri konon berasal dari nama cemilan di Korea Selatan sana yang sejatinya adalah karamel.
Bikin kopi ini, caranya adalah dengan mencampur adukkan urusan susu, gula, es batu sama krimer.. sampe jadi busa. Susunya susu apa? Bebas lah, yang penting bukan susu kntl manis. Karena itu beda urusan.. kalo susu yang ini mah enak susunya mama mama..
Gue gak akan jelasin caranya, karena ini bukan blog tutorial atau resep makanan!
Dan gue yakin sih kalo kalian sebenernya udah pada tau cara bikinnya..
Yang pasti, Kopi Dalgona ini sendiri, gak akan dianggap sebagai kopi oleh para pecinta kopi. Kenapa? Karena kopi ramuan kayak gini - seperti halnya kopi vanilla, latte, atau apapun, itu gak lebih cuma jadi minuman penggembira kaum abege, sama percis kayak fenomena es kepal beberapa waktu kemaren.
Pecinta kopi yang notabene kebanyakan demen kopi yang berat, udah pasti milih kopi-kopi daerah yang paitnya hampir sama kayak ditinggal kawin cewek yang udah 7 taun dipacarin. Sementara Kopi Dalgona ini apalah? ..cemilan mungkin?!
Sekian..
Bukan gue mau coba menjatuhkan martabat resep kopi baru dari Korsel, tapi ya itu.. kalo emang dasarnya soju mah soju aja.. gak usah sok-sok’an bikin kopi segala!
Teruskan!
Bukan karena tenggelam lantaran dunia tengah disunyikan oleh virus korona yang bikin masyarakat jadi harus ngedekem di rumah lohh, tapi karena emang belakangan ini gue lagi ada project lain yang gak kalah nguras..!
Nguras apa?
Nguras pikiran dan tenaga pastinya, karena kalo nguras bak mandi sih itu kerjaan lau sama temen-temen lau. Gue kagak!
Nah, balik lagi nih.. kali ini gue mau ngebahas sesuatu yang emang lagi rame di ranah twitter. Gue agak sedikit telat sebenernya, karena tren ini udah dari beberapa minggu yang lalu mulai mencuatnya.
Fenomena apa yang mau gue bahas?
Adalah fenomena kopi, yang mana ada satu ramuan kopi (katanya) yang lagi viral, yang disebut sama Kopi Dalgona.
Gue gak tau, kenapa bisa sampe viral..?! Padahal kalo diliat, apa yang spesial dari ramuan kopi ini? Cuma karena hasil racikan sendiri, yang dibuat pas lagi bete di rumah?
Mungkin iya..!
Yang pasti, ramuan ini konon asalnya dari Korea Selatan. Nama Dalgona sendiri konon berasal dari nama cemilan di Korea Selatan sana yang sejatinya adalah karamel.
Bikin kopi ini, caranya adalah dengan mencampur adukkan urusan susu, gula, es batu sama krimer.. sampe jadi busa. Susunya susu apa? Bebas lah, yang penting bukan susu kntl manis. Karena itu beda urusan.. kalo susu yang ini mah enak susunya mama mama..
Gue gak akan jelasin caranya, karena ini bukan blog tutorial atau resep makanan!
Dan gue yakin sih kalo kalian sebenernya udah pada tau cara bikinnya..
Yang pasti, Kopi Dalgona ini sendiri, gak akan dianggap sebagai kopi oleh para pecinta kopi. Kenapa? Karena kopi ramuan kayak gini - seperti halnya kopi vanilla, latte, atau apapun, itu gak lebih cuma jadi minuman penggembira kaum abege, sama percis kayak fenomena es kepal beberapa waktu kemaren.
Pecinta kopi yang notabene kebanyakan demen kopi yang berat, udah pasti milih kopi-kopi daerah yang paitnya hampir sama kayak ditinggal kawin cewek yang udah 7 taun dipacarin. Sementara Kopi Dalgona ini apalah? ..cemilan mungkin?!
Sekian..
Bukan gue mau coba menjatuhkan martabat resep kopi baru dari Korsel, tapi ya itu.. kalo emang dasarnya soju mah soju aja.. gak usah sok-sok’an bikin kopi segala!
Apakah UFO Itu Ada?
Ges.. kalo lu ditanya, lebih takut mana, kuntilanak apa alien? Lu mau jawab apa?
Lu lebih percaya kuntilanak apa percaya adanya UFO?
Pertanyaan model kayak gitu, jawabannya pasti demographic-based kan yak?! Orang indo mungkin lebih takut sama kuntilanak. Sementara orang bule, mereka lebih percaya sama keberadaan makhluk bernama alien, yang konon suka datang silaturahmi ke bumi pake kendaraan berupa piring terbang, yang sejak 1950 dikenal dengan nama UFO - kependekan dari Unidentified Flying Object atau objek terbang tak dikenal. Tentunya kendaraan piring terbang yang dipake sama alien buat silaturahmi ke Bumi itu adalah bikinannya sendiri, bukan omprengan atau carteran kayak kita kalo mau silaturahmi ke sodara di Sawangan. Piring terbang itu, konon jadi salah satu pembuktian bahwa peradaban mereka udah lebih maju dari kita.
Di masa-masa awal penampakannya, yakni sekitar tahun 1940-an, UFO lebih dikenal sama mereka yang sering liat dengan istilah "Flying Saucer" alias piring terbang atau "Flying Disc" alias cakram terbang. Bentuknya yang gepeng/pipih dan bundar seperti topi saya, membuatnya dinamakan seperti itu. Coba kalo bulat lonjong ujungnya bunder, pasti namanya kondom terbang (Flying Condom) atau dildo terbang (Flying Dildo). Jadi di tahun 1940an itu, belum ada istilah UFO.
Baru di tahun 1953, angkatan udara Amerika (United States Air Force/USAF) mendefinisikan objek terbang cakram tersebut sebagai UFO atau UFOB. Kata "Unidentified" merujuk pada fakta bahwa karakteristik, penampilan atau fitur dari objek terbang tersebut, bukan merupakan jenis dari pesawat, misil, atau objek terbang lain yang dikenali.
Itulah kenapa namanya jadi "Objek Terbang Tidak Dikenal (Asing)".
Dibanding kuntilanak, pocong, gendruwo, dedemit, buto ijo, keberadaan UFO jauh lebih dipercaya sama orang bule. Kenapa? Karena emang kalo di luar negeri, daftar setan yang disebut tadi nggak masuk kriteria. Bisa karena kurang rapi atau secara fisik tidak mewakili. Gimana nggak? Kalo di luar negeri, Drakula aja pake jas, gak ada yg pake kain kafan. Sementara di kita, yang pake jas itu biasanya sopir busway. Jadi ada perbedaan kultur yang agak signifikan.
Cuma buto ijo lah setan lokal yang keberadaannya diakui secara internasional. Terbukti, salah satu karakter Marvel ada yang menggambarkan sosok raksasa hijau itu - bahkan masuk jadi salah satu anggota tetap The Avenger.
Nah.. balik lagi soal UFO - yang eksistensinya makin diakui bahkan sampai ke belahan dunia yang lain.. inget ya, belahan dunia itu banyak, beda sama belahan tete, yang cuma kir dan kanan! - Di berbagai belahan dunia, macam-macam riset yang menjadikan UFO sebagai objek makin banyak dilakukan. Bahkan, mantan personel grup band punkrock terkenal era 2000an, Blink 182, yaitu Tom DeLonge, kini mantap mendedikasikan waktunya sebagai UFO researcher. Tapi.. jangan harap di negara kita bisa ada profesi jenis full time UFO researcher ini. Karena guru yang jelas-jelas kontribusinya tinggi bagi kemajuan ilmu pengetahuan aja banyak yang masih diabaikan. Udah statusnya diabaikan oleh pemerintah, chatnya pun diabaikan oleh gebetannya.. cuma di read dan gak dibales, percis kayak koran Tempo yang harganya cuma 2000 perak kalo beli di kereta. --- itu jaman kapan ya??
Well, back to study mengenai UFO dan objek luar angkasa lain, kini menjadi bidang yang sangat sexy untuk ditelisik.
Astrobiology, bidang yang mempelajari tentang kehidupan di planet lain, kini mulai mencuat sebagai satu bidang ilmu yang memadukan biologi, kimia dan astronomi. Bidang ini udah berhasil menarik minat banyak peneliti dari berbagai insitusi top di seluruh dunia. Bahkan, NASA dan banyak investor swasta ikut mengalokasikan duit demi mencari tau lebih jauh tentang Astrobiology ini.
Lalu, apa sebenarnya tujuan dari pembelajaran mengenai Astrobiology ini?
Selengkapnya bakal di bahas di postingan selanjutnya..!


