Home >> fenomena >> info >> internet >> sosial >> update >> #DiRumahAja Bikin Kita Makin Butuh Koneksi

#DiRumahAja Bikin Kita Makin Butuh Koneksi


Musim pandemi virus udah berhasil merubah banyak hal, dari mulai kegiatan sosial masyarakat, ekonomi, pendidikan dan juga keagamaan. Kampanye global #DiRumahAja mulai dipraktekkan gak cuma sama orang yang punya duit, tapi juga orang yang emang sehari-harinya di rumah aja - alias nganggur berat.
Beberapa hal yang berhubungan sama kegiatan interaksi sosial mulai berubah, dari mulai orang-orang yang kerja dari rumah, belajar dari rumah, mencintainya dari rumah, mendoakan dia tidak bahagia bersamanya dari rumah, jaga jarak (kayak tulisan di belakang truk pantura), sampe kebiasaan buat pake masker kalo keluar rumah.
Pastinya #DiRumahAja itu ada enak gak enaknya : enak karena bisa dekat sama keluarga, sodara, tetangga, dekat sama orang yang dekat tapi gak bisa dekat, dan bisa maen sama kucing kesayangan. Gak enaknya.. ngapain juga di rumah terus kalo gak ada duit??? - nah kalo yang ini urusan masing-masing. Biarpun kalo di negara lain yang kayak gini tuh dijamin, tapi kalo di kita, dengan jumlah penduduk yang bejibun dan kebanyakan susah diatur, jangan harap ada jaminan berlebih kayak di negara-negara lain..!

Ngomongin soal #DiRumahAja yang bukan berlaku cuma di negara kita, kampanye ini jadi semacam miras buat industri hiburan berbasis koneksi internet. Kayak netflix contohnya.. Banyaknya orang yang gabut dan nyaris kerjaannya berkurang, pastinya jadi pasar yang empuk buat provider yang umurnya bentar lagi mau 23 tahun ini, buat nyari keuntungan. Tapi ya itu tadi, kondisi ini jadi kayak miras alias minuman keras.. kalo dimanfaatin emang enak, tapi dosa, tapi kalo pedulis sesama, gak enak, tapi bagus buat branding..
Bingung dengan kondisi tersebut, akhirnya netflix pilih yang kedua. Dia gak mau ngerasain dosa tapi enak. Mendingan dia ikut peduli sama kondisi, dengan cara menurunkan kualitas streamingnya mengingat kebutuhan akan koneksi internet meningkat hampir seperempatnya di masa kondisi sekarang - seenggaknya ini data yang diungkap sama perusahaan Cloudflare, perusahaan infrastruktur jaringan spesialis dunia bisnis. Gimana nggak? Interview kerjaan yang biasanya dilakukan pake cara tatap muka langsung, sekarang pake koneksi internet. Gak heran, angka download aplikasi macam Zoom meningkat seketika. Bahkan, aplikasi yang katanya bisa ngehandle meeting sampe 99 orang secara bersamaan ini, didownload sampe 2,13 juta kali di seluruh dunia pas tanggal 23 Maret kemaren.. gile bener!

Ini salah satu contoh kondisi sosial yang terdampak aja.. belum lagi yang lain-lainnya.

Nah, balik soal netflix.. sebenernya penurunan kualitas macam apa yang dimaksud? Apa sekarang isinya jadi film-film azab yang kalo durhaka mayatnya masuk ke molen penganguk semen? Atau jadi nyiarin sinetron yang kalo ada adegan ketabrak mobil intercutnya banyak banget sampe bikin penonton mikir : “ini jadi nggak ketabraknya? kenapa mobilnya cuma terus mendekat seraya korbannya terus berteriak, namun darah tak jua mengucur?”
BUKAN! BUKAN ITU!
Isi dari netfix tetaplah konten-konten berkualitas yang digarap serius, jauh lebih serius dari sinetron indosiar yang isinya cuma siluman buaya ngelawan orang baik. Cuman.. kualitas streamingnya yang emang diturunin. Iyak, maksudnya itu adalah netflix ngilangin bandwith stream yang paling tinggi. “Kalo lu merhatiin kualitas video, lu pasti nyadar kalo ada sedikit penurunan kualitas di tiap model resolusi (SD, HD, UHD). Tapi lu bakal tetep dapetin kulitas sesuai yang lu bayar.”, kata Wakil Presiden Content Delivery Netflix, Ken Florence.

Secara umum, kualitas tontonan emang gak berubah.. cuma bandwith streamnya aja yang sedikit - mungkin cuma buat yang bener-bener ngerasa aja - yang kerasa turun. Sedikit, bray.. sedikiitt!!
Bagikan Ke Orang Lain :

Kamu Pasti Suka Ini Juga!