Iklan RC Cola Filipina
Nyatanya, pola pikir yang absurd juga dimilikin sama bangsa tetangga indo, yang masih satu rumpun namun beda bapak, yaitu Filipina.
Hmm.. memangnya apa yang terjadi sama negaranya si Reemar itu ya??
Iklan Paling Absurd
Jadi, ceritanya.. Salah satu brand minuman bersoda yang beredar di sana (juga pernah beredar di kita dulu), yakni RC Cola, ngeluarin iklan buat promoin produknya dia. Tapi, iklan itu kemudian jadi viral lantaran ceritanya yang absurd, ngalahin ke-absurd-an cerita bikinan orang kita tentang mayat yang nyemplung ke mesin adukan semen, atau soal boneka Hello Kitty yang sukses direbus sampe masak..
Iklan RC Cola Filipina, bercerita tentang seorang anak yang menanyakan statusnya kepada ibunya, apakah dia anak angkat? - sampe sini tampak kayak drama keluarga biasa..
Sampe kemudian, si anak tiba-tiba ngeliatin 4 buah gelas yang tertanam di punggungnya..!
Sebagai respon dari pertanyaan anaknya itu, sang ibu kemudian mencopot kepalanya.. Dan ternyata ada botol RC Cola!!
Kemudian keduanya "berkolaborasi". Setelah itu, maka keceriaan keluarga pun tersaji..
Entah apa motivasinya bikin kayak gituan..?!
Ngeliat idenya yang out of the box - bahkan out of the universe, kayaknya kita bakal nyangka kalo tuh iklan bikinannya agency nyentrik macem Ogilvy, BBDO, Publicis, Lowe atau Elbi.. Yang emang punya tim kreatif yang otaknya seolah unlimited.
Tapi, ternyata Iklan RC Cola itu "cuma" dibuat sama agency lokal yang berbasis di Manila, yang namanya Gigil.
Managing Partnernya Gigil, Jake Yrastorza, bilang kalo RC Cola itu udah dua taunan jadi klien mereka, makanya dibikinin yang spesial..
Nah, soal absurdity iklan yang kemudian viral ini, sepertinya KPI dari campaign mereka nggak langsung ke selling, melainkan awareness dulu. Dan itu, TERBUKTI BERHASIL..!!
Iklannya Sukses!
Dalam 6 jam pertama iklan ini diluncurkan, viewernya udah mencapai 1,6 juta organic views! Dan dalam 24 jam, iklan RC Cola ini udah berhasil ngumpulin 130,000 share dan 203,000 reactions, dan jadi trending topic di Twitter selama 2 hari.
Goalsnya untuk jadi viral udah sangat berhasil! Dan targetnya buat ngegrab audience GenZ udah dapet pencapaian yang luar biasa.. Satu lagi yang bikin iklannya makin dianggap absurd adalah judulnya. Video berdurasi 1 menit 37 detik itu dikasih judul “Nyahahakbkxjbcjhishdishlsab@!!!! Basta RC Cola!”
Coba.. Apalagi yang lebih absurd selain ini?
Bagikan Ke Orang Lain :
Kamu Pasti Suka Ini Juga!
Keuntungan Menjadi Kreatif Jadi orang yang kreatif itu baik. Jadi orang kreatif itu diperlukan. Bahkan, banyak lowongan pekerjaan sekarang yang m
Inget "Be Like Mike"? Anak taun 90an, pasti pernah liat satu iklan yang kala itu - kala senja masih berwarna jingga.. bukan hitam karena kop