Home
>>
bisnis
>>
e-Commerce
>>
entrepreneur
>>
internet
>> Jualan Online? Pilih Shopify atau WooCommerce..
Jualan Online? Pilih Shopify atau WooCommerce..
JUMP TO :
Gak cuman kantor sih..! sektor usaha lain juga kena imbas dari helatan akbar internasional yang dimulai di China ini.
Pedagang pada berhenti jualan, tempat wisata tutup, jasa transportasi udah jelas kehilangan sebagian besar sewa.. Dan masih banyak lagi yang lain kalo mau disebutin.
Ini yang kemudian bikin ribuan orang mendadak update status LinkedIn jadi "Talent Ready" alias..... Pengangguran.!
Selamat Dari PHK
Ya, entah ini merupakan fenomena nature-based atawa man-made, tapi yang jelas, dampaknya sangat anjiiiiim banget.!
"Di balik setiap masalah, pasti ada hikmah.. di setiap situasi, selalu ada vakansi.!"
Di balik kenestapaan yang sedang menggerayangi kita ini, nyatanya, terdapat secuil hikmah dalam bidang ekonomi yang (mungkin) bisa dijadiin materi pembelajaran. Dimana sebagian dari mereka yang kreatif, ngerasa terpacu buat struggle..
Berdiri tegak menantang keadaan. Membuktikan diri kalo mereka gak tergantung sama sistem kapitalis yang selama ini ngehidupin mereka. Meski.. ada juga sih diantara mereka yang mendadak kreatif itu, berjalan 'demi bisa nyambung hidup', bukan niat buat ngangkangin realita.
Mulai Usaha Sendiri
Mereka yang kebetulan kreatif tapi kemaren masih terikat jam kantor, sekarang jadi mulai terbuka buat mikirin hal seputar entrepreneurship. Sebagian besar diantaranya berpikir untuk jualan makanan, jualan pakaian, alat hobi, bahkan sampai ada yang jual jasa pelampiasan nafsu - yang kayak gini sih biasanya di Twitter pake hastag #availBO
Nurutin statistik, jumlah pebisnis online (tidak termasuk yang #availBO), seketika naik sekitar sekitar 250% - data dari detik. Artinya, lapak-lapak yang menawarkan berbagai macam produk menarik lewat aplikasi marketplace makin berserakan.
Marketplace kedua terbesar tanah air, Tokopedia, ngeluarin data yang nyebut kalo selama masa di rumah aja, kurang lebih ada 1,8 juta pelapak baru yang muncul. Ini tentunya bikin para pedagang (mau yang lama atau yang baru), harus berjibaku rebutan lapak jualan..
Kamu kah salah satunya?
Kalau iya, saatnya kamu berpikir stand out!
Punya lapak yang oke di marketplace, dengan pembeli yang bisa loyal jadi langganan, itu emang oke. Tapi akan lebih oke lagi, kalo lapak kamu bisa tampil wah diantara yang lain, dengan tampilan fitur yang lebih lengkap..
Tentunya kamu gak mau kan, kalo harus bergantung di lapak e-commerce yang makin lama makin sempit karena terus bertambah populasi penjualnya?
Sekalipun kamu punya ratusan pelanggan setia, dan bintang toko kamu terus naek, tapi sampai kapan kamu akan bertahan di sana?
Alangkah lebih bagus kalo kamu juga punya lapak jualan online sendiri, dimana manajemen produk, prosedur pembelian, sampe sistem pembayarannya kamu sendiri yang ngelola.. Terlebih kalo kamu bisa engage para pelanggan kamu pake konten-konten reguler berupa product knowledge untuk tiap new coming items, atau sekedar haha hihi tapi pake gimmick produk jualan kamu, kan keren..!?
Make Your Lapak Stand Out!
Nah di sini aku mau kasih masukan buat kamu, biar toko sama produk jualan kamu bisa dikenal, gak cuman laku dibeli, atau bahkan bisa buat brand toko sendiri..
Salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi aset digital kamu. Kalo kamu punya sosmed seperti instagram, kamu bisa posting gak cuman list item dan harganya, tapi juga video edukasi tentang produk yang kamu jual itu..
Channel youtube, gak cuman buat cari subscriber, tapi kudu rajin ngasih pemahaman produk jualan kamu sama audience.
Oke, mungkin itu udah kamu lakuin..!
(* Kalo belum, kamu bisa konsultasi sama kita, biar kita bantu buatin..!)
Selanjutnya, lebih bagus kalo kamu punya website jualan kamu sendiri..
"Buat apa? Kan pake lapak di marketplace aja udah laku?"
Ya udah iya. Itu kalo kamu mikirnya jangka pendek.
Tapi kan seperti yang udah aku tulis tadi.. kalo lapak kamu tuh harus stand out, bambang!
Ketika orang yang mau beli itu pengen liat-liat dulu barang kamu, itu artinya secara marketing kamu udah nyampe ke tahap consideration. Sementara, dalam marketing funnel, ada tahap lanjutan setelah consideration, yakni conversion, loyalty sama advocacy. Conversion itu kalo kamu bisa bikin pembeli memutuskan buat : "Oke, gua bayar deh!". Loyalty itu kalo kamu bikin mereka jadi langganan kamu. Dan advocacy tuh kalo kamu bikin pelanggan kamu, secara gak sadar jadi downline-mu.
Fitur Terbatas Marketplace
Back to the business..! Orang yang liat-liat produk kamu dan mulai tertarik tadi, pastinya pengen tahu lebih jauh tentang spek produk, komparasi harganya, dan tentang siapa yang ngejualnya. Fine..! di Tokopedia, Bukalapak atau yang lainnya, kamu bisa kasih penjelasan itu lewat tab deskripsi produk. Iya kan?!Tapi semua kan cuma selesai sampai di situ.! Kamu gak bisa nyantumin attachment video buat ngejelasin produk kamu, gak bisa masang fitur direct chat langsung ke whatsapp kamu, gak bisa panjang lebar ngejelasin profile kamu sebagai penjual, dan gak bisa ngelola sistem pembayaran sendiri..! Iya dong??!
Yups, itu cuman bisa dilakuin kalo kamu punya website jualan sendiri.
Mulai Buat Website Jualan
Sekarang kamu udah mulai tertarik buat punya website jualan sendiri.. Tapi kamu bingung gimana cara bikinnya. Terus kamu juga bingung sama platform apa yang mau dipake, karena belakangan kamu sering denger yang namanya Shopify, tapi sebelumnya juga pernah denger soal WooCommerce.
Apa bedanya?
Oke, di sini aku coba jelasin bedanya Shopify sama WooCommerce.
Shopify vs WooCommerce
Ngutip dikit dari themeisle.
Kalo boleh ngambil perumpamaan, misalkan kamu mau bikin warung/toko nih..
Shopify : nyediain tanah kosong yang bisa kamu sewa, tinggal kamu bangun warungnya. Bahan material udah disediain sama yang punya lahan.
WooCommerce : kamu beli tanah yang udah ada bangunannya, tapi masih berbentuk rumah. Kalo mau dibikin warung, kamu harus tambahin di depan sendiri. Pasang kanopi, dll. Itu gratis.. Tapi rumahnya tetep harus kamu beli dulu
Jadi maksudnya adalah :
Shopify : kamu bisa set up website di sana, bangun warung di sana, semua manajemen produk dan sistem pembayaran udah terintegrasi semua di sana. Biayanya, kamu harus sewa bulanan..
WooCommerce : kamu set up website di WordPress, ini sebagai plugin aja. Kamu harus paham dulu gimana cara make WordPress CMS, karena semua ada di dashboard-nya. Biaya untuk WooCommerce-nya gratis, tapi kamu beli domain sama hosting buat WordPress-nya yang bayar..
Harga?
Soal harga ini relatif. Bukan relatif dari perspektif kamu kaya apa nggak, tapi relatif dari sisi hitung-hitungannya.
Shopify : sewa bulanan, plan yang paling murah mulai dari US $ 29 atau sekitar Rp. 409.925 sampe US $ 299 atau sekitar Rp. 4.226.469
WooCommerce : gratis! Tapi kamu harus punya domain yang dibeli dulu. Bisa beli di WordPress langsung atau di penyedia hosting lain.
Set upnya beda. Kalo kamu gak mau ribet, kamu cocok pake Shopify, tapi kalo kamu ngerasa udah lumayan gape pake WordPress CMS - apalagi udah punya domain sendiri, kamu tinggal install plugin WooCommerce dan langsung mulai display produk..
Sebenernya, nge-head to head'in Shopify vs WooCommerce itu bukan sebuah komparasi yang apple-to-apple sih.. soalnya secara nggak langsung, ini ngebanding-bandingin antara platform sama plugin.
Tapi buat kamu, aku dan kita semua yang emang mulai kepikiran buka website jualan, kayaknya nggak salah juga deh.. buat kenal masing-masing dari mereka. Karena pada akhirnya, ini akan ngaruh ke mekanisme jualan produk yang kita jalanin.
Oke.. Selamat memilih.!
Bagikan Ke Orang Lain :